Tips Cetak Buku Untuk Pemula

Percetakan di Surabaya
Cetak Buku dan Majalah, Murah Berkualitas

Mencetak buku Anda mungkin terdengar sangat mudah, terutama untuk pemula. Kebanyakan orang hanya berpikir bahwa setelah menyelesaikan manuskrip Anda, semua yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah meletakkannya di printer dan voila! Anda selesai – Andai saja memang sesederhana itu.

Kebanyakan pemula membuat kesalahan umum ini

* Dorongan untuk menggunakan ukuran yang sangat besar dan mengisi setiap ruang yang tersedia dengan jenis materi. Mereka pikir semakin ramai halaman buku, semakin tampak profesional buku tersebut.

Anda mungkin berpikir itu menghemat uang untuk pencetakan buku Anda, tetapi pada kenyataannya materi yang terlalu penuh di setiap halaman buku akan membuat buku Anda kehilangan daya tarik visual dan lebih susah dibaca untuk pembaca Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda akan memahami dan menghargai nilai “kertas putih”, Anda akan menemukan keajaiban di balik menggunakan font yang lebih kecil dan margin yang sesuai.

Sebagai pemula, Anda perlu memahami bahwa mencetak buku bukan hanya sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan mudah, dimana Anda tersadar dan berkata, “Saya pikir saya akan mencetak buku saya hari ini”. Setelah semua keringat dan air mata yang sulit dalam membuat naskah buku Anda, hal terakhir yang Anda inginkan adalah buku Anda terlihat amatir, dan mudah dibuang dari rak.

Anda perlu belajar cara yang tepat untuk memilih dan mengatur jenis font sehingga menghasilkan hasil kreatif dan beraksen dengan tepat. Sayangnya, ini membutuhkan keterampilan tertentu yang tidak dapat dicapai hanya dalam beberapa minggu atau bahkan bulan.

Namun, Anda dapat menggunakan kiat bermanfaat berikut:

* Hati-hati mempelajari materi buku-buku terlaris lainnya, periksa jenis desain pencetakan yang mereka gunakan

* Kumpulkan contoh hasil cetak dari berbagai percetakan di Surabaya, atau di wilayah Anda masing-masing dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan pencetakan Anda. Kalau di Surabaya, mungkin bisa di Percetakan Harvest di Tenggilis, Surabaya

* Pelajari penggunaan aturan, perbatasan dan ornamen. Anda harus memahami bahwa dalam pencetakan buku, ada aturan tertentu yang akan membantu Anda mencapai hasil terbaik.

* Ajukan pertanyaan, Anda dapat meminta dan mempertimbangkan saran dari ahli percetakan – percayalah pada saya, Anda tidak akan pernah rugi.

* Carilah layanan penerbitan buku yang berpengalaman, mereka juga dapat menawarkan saran pencetakan yang bermanfaat.

Ada banyak desain template layout buku yang bagus dari web. Jika Anda benar-benar belum menemukan layout yang tepat setelah meneliti dan mencoba berbagai format, saya rasa adalah ide yang bijaksana untuk mendapatkan bantuan editorial profesional dalam menentukan tata letak yang tepat. Yang penting buku cetak Anda berhasil dicetak dengan baik.

Itu saja sedikit tips singkat dari saya. Saya rasa dengan tips-tips singkat diatas, jika anda pelajari dan lakukan dengan baik, maka mencetak naskah buku Anda bukan lagi sekedar impian. Teruslah belajar dan kembangkan talenta Anda. Asah terus kemampuan menulis yang Tuhan beri, sehingga bisa menghasilkan buku-buku yang berkualitas, sehingga Andapun menjadi penulis buku yang terkenal.